UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah salah satu bidang usaha yang memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi, selain itu UMKM juga memiliki keikutsertaan dalam membuka lapangan pekerjaan dan pendistribusian bahan baku. Dalam era globalisasi yang tinggi dimana sudah banyak sekali jual beli melalui media elektonik atau online dan tingginya pesaing saat ini membuat UMKM harus bisa berdaptasi dan berinovasi sesuai dengan tren yang dihadapi. Usaha grosir dan eceran adalah pihak perantara antara produsen dengan pihak pengecer atau udaha grosir ini dapat disebut juga B2B atau bisnis dengan bisnis yang dimana barang atau produk akan dijual kembali kepada pelaku usaha bukan kedapa konsumen akhir. Pengecer atau usaha eceran adalah individu yang membeli produk dari pihak grosir untuk dijual Kembali dalam skala kecil atau satuan. Usaha eceran ini dapat dikatakan B2C atau bisnis dengan konsumen yang dimana produk akan dijual kepada konsumen akhir untuk digunakan secara pribadi
Copyrights © 2025