Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa seberapa besar pengaruh Store Ambience dan Brand Experience terhadap Loyalitas Pelanggan di Board Games Café Batam. Store ambience mencakup aspek fisik dan non fisik café, sedangkan Brand experience mengacu pada keseluruhan pengalaman yang dirasakan pelanggan terkait merek café. Loyalitas pelanggan diukur melalui kesediaan pelanggan untuk kembali mengunjungi dan merekomendasikan kafe tersebut kepada orang lain. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 497 orang. Sampel dihitung menggunakan rumus Slovin sehingga berjumlah 221 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, serta uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Pengaruh Store Ambience terhadap Loyalitas Pelanggan di Board Games Café Batam dikategorikan baik hal ini diperoleh hasil uji coba hipotesis secara parsial (uji-t) dengan nilai 2,747. (2) Pengaruh Brand Experience terhadap Loyalitas Pelanggan di Board Games Café Batam dikategorikan baik hal ini diperoleh dari hasil uji coba hipotesis secara parsial (uji-t) dengan nilai 6,970. (3) Pengaruh Store Ambience dan Brand Experience secara bersama-sama terhadap Loyalitas Pelanggan di Board Games Café Batam hal ini diperoleh dari hasil pengolahan data dan dibuktikan dengan pengujian hipotesis dimana Fhitung 46,229 > Ftabel 3,037 dengan taraf signifikan 0,00 > 0,05. Kontribusi pengaruh store ambience dan brand experience terhadap loyalitas pelanggan di Board Games Café Batam sebesar 29,8% dan selebihnya 70,2% merupakan faktor lain yang dapat dipengaruhi oleh variabel di luar pengaruhi store ambience dan brand experience.
Copyrights © 2024