Cipta
Vol 3, No 2 (2024): Cipta

Perancangan buku ilustrasi mengenai perjalanan sukses atlet sebagai inspirasi dan motivasi remaja

Risma Nurhayati (Universitas Indraprasta PGRI)
Muhammad Iqbal Qeis (Universitas Indraprasta PGRI)
Yuni Zaharani (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Remaja saat ini menghadapi tantangan terkait kesehatan mental, kurangnya motivasi, bahkan meningkatnya angka bunuh diri. Hal ini diantaranya disebabkan oleh tekanan sosial, ekspektasi yang tinggi, serta pengaruh media digital yang semakin memperburuk kondisi remaja. Remaja kerap merasa putus asa dan kehilangan arah. Permasalahan ini memerlukan perhatian serius karena berdampak langsung pada kesejahteraan individu dan masa depan generasi muda. Tujuan penelitian ini adalah merancang buku ilustrasi mengenai perjalanan suksesĀ  atlet sebagai inspirasi dan motivasi remaja. Buku ini dirancang dengan visual yang menarik dan narasi inspiratif. Elemen visual dan cerita digabungkan untuk menyampaikan pesan motivasi secara efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan data dari studi literatur, observasi daring, dan wawancara. Hasil penelitian adalah buku ilustrasi mengenai perjalanan suksesĀ  atlet sebagai inspirasi dan motivasi, ditujukan untuk remaja usia 15-25 tahun dari berbagai latar belakang ekonomi yang menyukai bulu tangkis. Buku ini berukuran 20 x 25 cm, menggunakan ilustrasi vektor dengan warna cerah serta font Lucky Bones dan Petchlamoon untuk memperkuat tema motivasi. Ilustrasi di setiap bab mendukung narasi, menciptakan pengalaman membaca yang mendalam. Buku ini diharapkan dapat memberikan dukungan kepada remaja untuk menemukan arah hidup yang lebih positif, memperbaiki kesejahteraan mental, serta memaksimalkan potensi diri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cipta

Publisher

Subject

Arts

Description

CIPTA adalah jurnal ilmiah yang secara khusus membahas tentang proses penciptaan sebuah karya, baik itu karya seni, desain, film, fotografi dan berbagai jenis bidang lain yang melalui proses kreatif dalam penciptaannya. Ruang lingkup jurnal ini meliputi: Tipografi, Branding, Design Thinking, Budaya ...