Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan pembuatan dokumen kependudukan pada Program Bunga Desa yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Poso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan analisis data dilakukan mulai dari reduksi, penyajian data dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan pembuatan dokumen kependudukan pada Program Bunga Desa yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Poso yang dilihat dari dimensi kualitas pelayanan Tangibles (bukti fisik), Reliability (kepercayaan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), Emphaty (empati) sudah berjalan dengan baik. Hanya saja yang menjadi kendala adalah jumlah pegawai yang melayani tidak sebanding dengan jumlah masyarakat yang akan dilayani. Hal ini dikarenakan Program Bunga Desa ini dilakukan di desa sehingga hampir seluruh masyarakat desa tersebut datang untuk berurusan. Mengingat pelayanan dokumen kependudukan ini harus dilakukan di ibu kota kabupaten. Selain itu peralatan yang digunakan juga masih kurang dibandingkan dengan jumlah dokumen yang harus diselesaikan. Abstract: This study aims to determine the population document creation service in the Bunga Desa Program carried out by the Population and Civil Registration Office of Poso Regency. The method used in this study is a qualitative method with data collection techniques through observation, interviews and documentation and data analysis is carried out starting from reduction, data presentation and verification and drawing conclusions. The results of the study indicate that the population document creation service in the Bunga Desa Program organized by the Population and Civil Registration Office of Poso Regency as seen from the dimensions of service quality Tangibles (physical evidence), Reliability (trust), Responsiveness (responsiveness), Assurance (guarantee), Empathy (empathy) has been running well. It's just that the obstacle is the number of employees serving is not comparable to the number of people to be served. This is because the Bunga Desa Program is carried out in the village so that almost all of the village community comes to deal with it. Considering that this population document service must be carried out in the district capital. In addition, the equipment used is still lacking compared to the number of documents that must be completed
Copyrights © 2022