Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk merancang antarmuka sebuah aplikasi angkut rosok berbasis mobile menggunakan aplikasi editing secara online Figma. Fokus dari penelitian ini yaitu perancangan suatu desain User Interface (UI) aplikasi penjadwalan pengambilan rosok online pada TPS 3R Sidomakmur, karena perancangan UI yang baik serta intuituif sangat penting dalam pengembangan aplikasi. Metode prototype diadopsi pada penelitian ini untuk menghasilkan UI angkut rosok yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna layanan secara efektif dan efisien. Proses perancangan aplikasi ini melibatkan tahapan-tahapan analisa kebutuhan, desain cepat, bangun prototype, evaluasi pengguna awal, perbaikan prototype, implementasi dan pemeliharaan yang berkelanjutan. Pada tahapan analisa kebutuhan pengguna, data dikumpulkan melalui interkasi dan komunikasi antara klien dengan pengembang guna mengakomodasi detail sistem yang dibutuhkan oleh pengguna. Hasil dari komunikasi ini selanjutnya digunakan sebagai dasar untuk perancanngan desain awal dari UI. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, fitur yang penting diantaranya jual rosok, daftar rosok, harga rosok, riwayat pesanan, status pesanan, penarikan saldo, serta detail pesanan dan rute pengambilan diprioritaskan dalam perancangan desain UI pada aplikasi ini. Setelah rancangan awal selesai, berikutnya prototype UI dengan menggunakan platform desain UI online. Kemudian prototype yang sudah jadi dievaluasi melalui pengujian dengan melibatkan pihak pengguna. Kemudian umpan balik yang didapat dari pengguna digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan perbaikan dan finalisasi pada UI. Pengulangan ini dilakukan guna mendapatkan desain UI yang lebih bagus dan dapat memenuhi permintaan dari klien. Penelitian ini menghasilkan sebuah desain UI angkut rosok online berbasis aplikasi mobile yang dibuat menggunakan metode prototype. Desain UI akhir yang dihasilkan memiliki antarmuka serta tampilan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari pengguna, selain itu juga penggunaanya yang mudah sehingga memberikan pengalaman yang menarik dalam menggunakan aplikasi angkut rosok ini seperti penjualan rosok, penarikan saldo, serta melihat riwayat penjadwalan pengangkutan rosok. Dalam penelitian ini metode prototype mempunyai peranan yang penting dalam mendapatkan desain UI yang responsive, interaktif serta sesuai dengan kebutuhan pemakai.
Copyrights © 2024