Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perilaku pedagang dalam transaksi jual beli sembako di Pasar Pagutan Kota Mataram ditinjau dari Ekonomi Islam. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Pasar Pagutan Kota Mataram. Sumber data yang terbagi menjadi dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yaitu meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa perilaku pedagang pasar Pagutan yang meliputi cara menimbang dan menakar, penepatan janji, menjelaskan kualitas barang, penetapan harga, tawar menawar, pelayanan kepada pembeli, strategi memasarkan barang, cekatan, dan pencatatan transaksi. Dapat disimpulkan 3 dari 5 pedagang sudah mendekati dalam menerapkan prinsip sesuai dengan syariat Islam sejalan dengan sifat Rasulullah SAW di dalam melakukan perdagangan diantaranya ialah sifat siddiq, Amanah, tabligh, dan fathonah. Kata kunci: Perilaku Pedagang, Jual Beli, Perspektif Islam
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024