Sticky cost behavior merujuk pada biaya perusahaan yang cenderung tidak merespon perubahan aktivitas atau volume produksi dengan cepat. Dimana hal tersebut dapat memiliki dampak yang signifikan pada profitabilitas perusahaan, terutama dalam situasi ketika perusahaan menghadapi fluktuasi pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris faktor-faktor yang mempengaruhi Sticky Cost Behavior. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor perindustrian yang terdaftar di BEI tahun 2020-2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik dengan program IBM Statistical Produict and Service Solutions (SPSS) versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Institutional Investor tidak berpengaruh terhadap Sticky Cost behavior dan Competition Intensity berpengaruh terhadap Sticky Cost Behavior.
Copyrights © 2024