Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 14, No 2 (2023)

E-MODULE SEBAGAI BAHAN AJAR BERBASIS POTENSI LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA/MA KELAS XII PADA PEMBELAJARAN PROYEK

Cahyanti, Indra (Unknown)
Ibrohim, Ibrohim (Unknown)
Susilo, Herawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2024

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan kolaborasi dan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui penggunaan e-module sebagai bahan ajar berbasis potensi lokal pada pembelajaran proyek pada materi Bioteknologi. Rancangan penelitian menggunakan one-group pretest-postest design yang diterapkan kepada 30 siswa Madrasah Aliyah (MA). Data keterampilan kolaborasi dianalisis secara deskriptif kualitatif kemudian dikategorikan sesuai dengan hasil persentase yang diperoleh. Sedangkan data keterampilan kreatif dianalisis menggunakan uji t Hasil penelitian menunjukkan penggunaan e-module sebagai bahan ajar berbasis potensi lokal pada pembelajaran proyek dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan keterampilan berpikir kreatif siswa. Abstract. This study aims to determine the improvement of students' collaboration skills and creative thinking skills through the use of e-module as teaching materials based on local potential in project learning on Biotechnology materials. The research design uses a one-group pretest-postest design applied to 30 students of Madrasah Aliyah (MA). Collaboration skills data were analyzed in a qualitative descriptive and categorized according to the percentage results obtained. Meanwhile, creative skills data were analyzed using the T-test. The results showed that the use of e-module as teaching materials based on local potential in project learning could improve students' collaboration skills and creative thinking skills.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology

Description

Jurnal Pendidikan Biologi (JPB) publishes peer-reviewed research of special importance and broad interest in any area of biology education by research and or result of conceptual studies. ...