Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa di kelas VII A SMP Negeri 12 Kota Madiun yang disebabkan karena pada proses pembelajaran Pendidikan Pancasila masih berpusat pada guru yang masih mengikuti kebiasaan dengan urutan yang dimulai guru dengan langsung memaparkan materi, selanjutnya mengevaluasi siswa melalui latihan. Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dalam materi Kebinekaan Indonesia dengan menerapkan metode Problem Based Learning pada siswa kelas VII A SMP Negeri 12 Kota Madiun. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan tindakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dalam materi Kebinekaan Indonesia dengan menggunakan metode Problem Based Learning pada siswa kelas VII A SMP Negeri 12 Kota Madiun. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan penulis dalam dua siklus menghasilkan terjadinya peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I dan peningkatan nilai rata-rata dari 69.66 pada siklus I 78.66 . Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dalam materi Kebinekaan Indonesia.
Copyrights © 2024