Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian
Vol 10 No 2 (2024): Oktober 2024 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitia

Pengaruh Iklan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Azwa Perfume Pekanbaru

Andika, Boby (Unknown)
Rumyeni, Rumyeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2024

Abstract

Azwa Perfume Pekanbaru merupakan perusahan perfume lokal yang sudah menciptakan merek dan aromanya sendiri. Strategi komunikasi pemasaran yang mereka lakukan terutama dalam hal iklan dan promosi penjualan agar bisa menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Teori yang digunakan adalah teori stimulus-organism-respons (S-O-R). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh iklan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian produk azwa perfume Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif dan kuesioner sebagai instrumen utama dalam pengambilan data. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen member azwa perfume pekanbaru. Dalam menentukan sampel menggunakan rumus slovin dengan jumlah responden sebanyak 90 responden yang menggunakan teknik non probability sampling berupa accidental sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini, secara parsial menunjukkan bahwa variabel iklan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan persentase sebesar 45%, maka dari itu H1 dapat diterima kebenarannya. Kemudian pada variabel promosi penjualan (X2) secara parsial berpengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan Pembelian (Y) dengan persentase sebesar 35,8%, maka dari itu H2 dapat diterima kebenarannya. Secara simultan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel iklan (X1) dan promosi penjualan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan persentase sebesar 49% maka dari itu H3 dapat diterima kebenarannya. Dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen, perusahaan dapat menerapkan strategi komunikasi pemasaran terutama dalam hal iklan dengan memperhatikan tujuan, pesan, dan media yang tepat serta dalam promosi penjualan dengan memberikan potongan harga(diskon), kartu member, dan sampel produk gratis kepada konsumen. Kata-kata kunci: komunikasi pemasaran, iklan, promosi penjualan, keputusan pembelian

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal komunikasi Universitas Garut diterbitkan bermaksud untuk mengembangkan potensi khususnya bagi dosen ilmu komunikasi Universitas Garut dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang disajikan dalam bentuk tulisan jurnal online. Informasi ini, merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari ...