Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap dan preferensi konsumen terhadap atribut kangkung hidroponik di Syifa Hidroponik, Kota Medan. Metode yang digunakan adalah observasi lapangan dengan instrumen kuesioner dan wawancara, serta jenis penelitian kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 50 konsumen. Analisis data dilakukan menggunakan analisis multialtribut Fishbein dan analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen memiliki sikap positif terhadap atribut sayur kangkung hidroponik, dengan kesempurnaan fisik daun sebagai faktor utama yang dipertimbangkan saat membeli. Preferensi konsumen menunjukkan bahwa mereka lebih menyukai kangkung hidroponik dengan kesegaran lebih dari 3 hari, harga di bawah Rp 17.000,00/kg, jumlah daun per batang yang banyak, kemasan kantong plastik dengan desain unik, serta warna daun hijau tua dan kesempurnaan fisik daun yang panjang dan bebas lubang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024