Jurnal Ilmiah Informatika Komputer
Vol 29, No 3 (2024)

PENERAPAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE UNTUK ANALISIS SENTIMEN ULASAN PELANGGAN TOKO LIVIA CIREBON DI SHOPPE

Syaeful Annas (STMIK IKMI CIREBON)
Nana Suarna (STMIK IKMI CIREBON)
Irfan Ali (STMIK IKMI CIREBON)
Heliyanti Susana (STMIK IKMI CIREBON)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Analisis sentimen adalah proses yang bertujuan untuk memahami opini pelanggan dengan mengklasifikasikan ulasan menjadi sentimen positif, netral, atau negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model analisis sentimen berbasis algoritma Support Vector Machine (SVM) terhadap ulasan pelanggan Toko Livia Cirebon di platform Shopee. Pendekatan penelitian dilakukan secara kuantitatif, dengan tahapan meliputi pengumpulan data, pra-pemrosesan teks (cleansing, normalisasi slang, tokenisasi, penghapusan stopword, dan stemming), pelabelan menggunakan Inset Lexicon, transformasi data teks menjadi vektor numerik dengan metode TF-IDF, pelatihan model SVM, serta evaluasi performa menggunakan metrik akurasi, precision, recall, dan F1-score. Model yang dikembangkan mencapai akurasi sebesar 91% dengan performa terbaik pada sentimen positif (F1-score 95%), meskipun performa pada kategori netral dan negatif masih memerlukan peningkatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa algoritma SVM efektif untuk analisis sentimen dalam e-commerce, memberikan wawasan strategis bagi pemilik usaha untuk menyusun strategi pemasaran dan meningkatkan kualitas layanan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

infokom

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

This journal is published periodically three times a year, April, August, and December. It publishes a broad range of research articles on Information Technology and Communication, whether in Indonesian Language or ...