Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 7, No 2: DESEMBER 2024

PENTINGNYA TRAINING NEEDS ANALYSIS (TNA) UNTUK PENGEMBANGAN SDM YANG EFEKTIF (Studi Kasus Pada PT Kawasan Industri Nusantara Sei Mangkei)

Harahap, Sri Widya (Unknown)
Aisyah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Disrupsi teknologi, globalisasi, serta tekanan persaingan yang semakin tinggi mendorong perusahaan untuk terus berinovasi, terus beradaptasi dan meningkatkan produktivitas. Keterampilan yang relevan kemarin belum tentu relevan hari ini. Untuk mencapai tujuan perusahaan, karyawan harus memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai. Program pelatihan yang dikelola dengan baik adalah kunci untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya melakukan Training Needs Analysis sebelum memulai pelatihan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mengumpulkan data studi pustaka, observasi dan wawancara. Hasilnya menunjukkan bahwa Training Needs Analysis sangat penting bagi PT KINRA karena dapat memaksimalkan pemanfaatan sumber daya seperti dana, waktu, dll. Dengan menerapkan Training Needs Analysis PT KINRA dapat mengetahui apakah pelatihan tersebut diperlukan atau tidak, kemudian PT KINRA juga dapat melihat kebutuhan pelatihan apa yang sudah atau yang belum terpenuhi. Sehingga, PT KINRA dapat menjadwalkan pelatihan karyawan dengan sistematis agar sesuai dengan kebutuhan sehingga meminimalisir risiko over budget. Selain itu, dengan adanya TNA PT KINRA dapat mengetahui apakah pelatihan dapat menjadi solusi untuk permasalahan yang ada serta mengetahui pelatihan apa yang harus diprioritaskan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bisnet

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Bisnisnet adalah Jurnal Ekonomi dan Bisnis yang ditertbitkan dan dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharmawangsa (FEB UNDHAR). Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil penelitian yang mempunyai relevansi dengan : Manajemen Pemasaran ...