Relationship marketing sebagai pendekatan startegis bisnis yang berorientasi pada peningkatan dan loyalitas pelanggan yang sudah ada saat ini berperan penting terhadap perkembangan bisnis melalui pemeliharaan hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan dengan pelanggan. Pendekatan Relationship marketing bertujuan untuk membentuk ruang lingkup yang baik agar terciptanya pelanggan setia yang kemudian berkontribusi terhadap perkembangan bisnis. Relationship marketing pada Cie-Cie Snack diukur berdasarkan kepercayaan pelanggan, penanganan masalah, komunikasi, kepuasan pelanggan, dan perubahan kuantitas penjualan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data didapat melalui proses wawancara individual dan observasi terus terang. Metode analisis ini menggunakan analisis naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel relationship marketing, kualitas layanan, dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Cie-Cie Snack di Desa Kurau, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024