Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dalam Kurikulum Merdeka merupakan bagian dari Asesmen Nasional yang mengukur kemampuan literasi dan numerasi siswa. Berdasarkan hasil AKM, rapor pendidikan siswa di lingkungan Kelompok Kerja Guru (KKG) Ki Hadjar Dewantara, Kecamatan Kembaran, Banyumas, menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan numerasi siswa belum mencapai target yang diinginkan. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kompetensi guru SD di KKG Ki Hadjar Dewantara dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi pertemuan tatap muka yang diikuti dengan antusias oleh para peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman guru terkait strategi pengajaran numerasi, yang dibuktikan dengan hasil evaluasi di mana 85% peserta mengalami peningkatan skor pada tes pemahaman setelah pelatihan. Selain itu, hasil kegiatan ini diharapkan dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas, sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar numerasi siswa.
Copyrights © 2024