Perkembangan teknologi informasi memiliki potensi besar dalam meningkatkan keterampilan berbicara (maharah kalam) mahasiswa di UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan. Kesulitan yang sering dialami mahasiswa dalam praktik berbicara sering kali disebabkan oleh minimnya interaksi dan sumber belajar yang memadai. Penelitian ini berfokus pada eksplorasi peran teknologi dalam mengatasi tantangan tersebut dan mendukung peningkatan kemampuan berbicara. Tujuan utamanya adalah menganalisis dampak teknologi terhadap kemampuan berbahasa Arab, khususnya pada aspek maharah kalam mahasiswa di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, data dikumpulkan melalui platform pembelajaran daring dan wawancara dengan dosen serta mahasiswa dengan memanfaatkan teknologi, seperti aplikasi pembelajaran dan video interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi berperan penting dalam pengembangan kemampuan berbicara mahasiswa, terutama melalui aplikasi pembelajaran bahasa, media sosial, dan platform online yang mendukung latihan berbicara dan interaksi dengan penutur asli. Meskipun demikian, penelitian ini juga mencatat beberapa kendala, seperti terbatasnya akses internet dan rendahnya literasi digital mahasiswa.
Copyrights © 2024