Literasi sains merupakan salah satu keahlian krusial yang dibutuhkan peserta didik untuk menghadapi tantangan abad ke-21, seringkali masih kurang dikembangkan di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan bahan ajar berupa E-LKPD berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan E-LKPD berbasis pendekatan saintifik berdasarkan validitas, kepraktisan, dan efektifivitas. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Validitas E-LKPD dinilai melalui evaluasi dua validator, yaitu dosen ahli materi serta dosen ahli media. Kepraktisan diukur melalui observasi keterlaksanaan aktivitas serta angket respons peserta didik, sedangkan keefektifan dinilai melalui hasil belajar peserta didik dan ketercapaian indikator literasi sains. Uji coba penelitian dilakukan terhadap 20 peserta didik kelas 12 IPA di MAN 2 Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan memiliki tingkat validitas sebesar 3,97, menunjukkan tingkat validitas yang sangat tinggi. Kepraktisan E-LKPD dinyatakan sangat praktis dengan persentase observasi aktivitas peserta didik mencapai 96,7% untuk E-LKPD 1 serta 97,5% untuk E-LKPD 2, serta persentase angket respons peserta didik mencapai 97,8%. Efektivitas E-LKPD juga terbukti, dengan semua peserta didik mencapai atau melampaui ketuntasan tes literasi sains dan skor N-gain sebesar 0,91, menandakan peningkatan yang signifikan. Dengan demikian, E-LKPD berbasis pendekatan saintifik ini layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya.
Copyrights © 2024