Keterampilan literasi digital merupakan pondasi penting dalam pendidikan abad ke-21 sebagai upaya membentuk peserta didik yang mampu menghadapi tantangan dan peluang di era digital. Upaya melatihkan keterampilan literasi digital dapat dilakukan melalui penggunaan website pembelajaran sebagai media belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan menghasilkan website pembelajaran materi keanekaragaman hayati berbasis potensi lokal Gresik untuk melatihkan keterampilan literasi digital yang layak berdasarkan validitas. Prosedur penelitian terdiri atas tiga tahap yaitu eksplorasi, perancangan, dan penilaian validitas. Kelayakan website diperoleh dari expert judgement meliputi telaah dan penilaian validitas oleh ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli teknologi pendidikan. Instrumen penilaian validitas mencakup 11 butir terdiri dari aspek penyajian, isi, dan kebahasaan website pembelajaran dengan penilaian skala Likert 4 poin, 1-4 (kurang baik-sangat baik). Data validitas dianalisis secara statistik berupa skor rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas penyajian website memperoleh skor sebesar 3,92, kelayakan isi sebesar 4,00, dan kelayakan bahasa sebesar 3,83, secara keseluruhan memperoleh skor sebesar 3,92 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa website pembelajaran materi keanekaragaman hayati berbasis potensi lokal Gresik dinyatakan layak diterapkan untuk melatihkan keterampilan literasi digital ditinjau dari validitas.
Copyrights © 2024