Abstrak Kurikulum merdeka belajar menjadi kebijakan terbaru di Indonesia guna terwujudnya proses pembelajaran inovatif yang berfokus pada peserta didik dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Model PBL yang diaplikasikan dalam bentuk e-LKPD dengan materi perubahan lingkungan yang memanfaatkan platform liveworksheet dapat memotivasi peserta didik berpikir secara kritis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan e-LKPD interaktif dengan liveworksheet berbasis Problem Based Learning yang layak untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Metode pengumpulan data dilakukan dengan validasi oleh dosen ahli materi dan media, serta guru biologi SMA untuk mendapatkan data validitas, observasi oleh observer untuk mendapatkan data kepraktisan, pemberian tes dan angket respons untuk mendapatkan data keefektifan. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validitas sebesar 3,77 terkategori sangat valid. Hasil kepraktisan sebesar 94% terkategori sangat praktis. Hasil keefektifan berdasarkan ketuntasan hasil tes sebesar 100%, ketercapaian indikator keterampilan berpikir kritis sebesar 88%, dan respon positif peserta didik terhadap e-LKPD sebesar 97% terkategori sangat efektif. Berdasarkan hasil yang didapatkan e-LKPD dinyatakan layak berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Copyrights © 2024