Layanan referensi virtual menjawab pertanyaan pemustaka dengan menggunakan teknologi. Tujuan dari artikel ini untuk melihat dan mengetahui apa saja layanan referensi virtual yang ditampilkan dan tersedia melalui website Perpustakaan Universitas Airlangga, Perpustakaan Universitas Jambi, Perpustakaan Muhammadiyah Yogyakarta, Library University of Texas at Austin dan Universiti Malaya Library. Pengamatan ini dilakukan melalui studi literatur yang mendalam. Dalam penelitian ini, penelitian kualitatif dilakukan dengan menggunakan pendekatan studi komparatif. Studi komparatif dipilih karena membandingkan lima website pada perpustakaan perguruan tinggi. Hasil penelitian ini dari lima website perpustakaan perguruan tinggi, ada empat website perpustakaan yang menyediakan model layanan virtual yaitu: layanan asynchronous dan synchronous, dan satu website lagi hanya menyediakan layanan synchronous saja. Pustakawan layanan referensi menerapkan layanan virtual dengan membuka aksesibilitas sesuai dengan jam operasional perpustakaan. Adapun fitur-fitur yang disediakan secara virtual melalui media email, facebook, twitter, telephone, Instagram, WhatsApp, fax, dan webcam.
Copyrights © 2024