Maktabatuna: Jurnal Kajian Kepustakawanan
Vol 6, No 2 (2024)

Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka terhadap Pelayanan Perpustakaan Ejawantah Menggunakan Metode LibQUAL+

Ardiansyah, Rega Rachmad Fauzie (Unknown)
Fakhlina, Resty Jayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2025

Abstract

Perpustakaan Ejawantah telah beroperasi selama hampir tiga tahun sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan literasi di Kota Malang dengan menyediakan akses buku gratis kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan anggota terhadap layanan perpustakaan dalam empat aspek utama: Koleksi, Fasilitas, Layanan Perpustakaan, dan Pustakawan, dengan menggunakan metode LibQUAL+. Hasil menunjukkan bahwa kepuasan pemustaka terhadap koleksi, layanan perpustakaan, dan fasilitas berada di bawah harapan minimum, dengan nilai negatif pada Adequacy Gap dan Superiority Gap. Sebaliknya, kepuasan terhadap pustakawan memenuhi harapan minimum, tapi tidak untuk harapan ideal. Temuan ini memberikan wawasan kritis bagi pengelola perpustakaan untuk meningkatkan kualitas layanan, khususnya dalam aspek koleksi dan layanan perpustakaan, guna memenuhi ekspektasi pemustaka dan memperkuat peran perpustakaan dalam mendukung literasi masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maktabatuna

Publisher

Subject

Humanities

Description

Jurnal Maktabatuna merupakan Maktabatuna: Jurnal Kajian Kepustakawanan merupakan Jurnal UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang yang telah terbit dari tahun ...