Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis mendalam terhadap strategi CTPM model pada UMKM yang bergerak dalam sektor jasa. Dengan fokus pada UMKM jasa, penelitian ini akan menggali bagaimana penerapan strategi CTPM dapat mempengaruhi kinerja bisnis, terutama dalam hal meningkatkan visibilitas produk, meningkatkan jumlah pelanggan, dan meningkatkan pendapatan.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini diambil dari UMKM yang sudah memanfaatkan media sosial sebagai media promosi produk. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui riset dilapangan yang dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara langsung dengan pelaku usaha. Kemudian dilakukan analisis menggunakan pendekatan CTPM Model. Dari penelitian yang dilakukan terhadap strategi CTPM yang diterapkan UMKM ada beberapa rekomendasi pada aspek-aspek yang belum dilaksanakan agar penjualan yang didapatkan bisa lebih optimal untuk meningkatkan daya saing UMKM. Aspek-aspek yang perlu dilaksanakan lebih lanjut aspek traffic, presell dan monetize. Hasil dan rekomendasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan UMKM, dengan meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang aspek-aspek yang perlu diterapkan untuk meningkatkan penjualan
Copyrights © 2024