Penelitian ini dilakukan dengan tujuan agar mengevaluasi efek dari pengumuman dividen pada sahamsebelum dan setelah pengumuman tersebut dibuat, serta untuk membandingkan bagaimana investormerespon terhadap pengumuman dividen yang naik dibandingkan dengan yang turun. Periode yangditeliti adalah dari tahun 2018 sampai 2022, dan memakai metode event study. Populasi yang ditelitiialah semua perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Sebanyak 120 perusahaan yangmengumumkan dividen selama periode tersebut dipilih sebagai sampel melalui purposive sampling.Estimasi return dihitung denganmemakaimodelmarket adjusted. Untuk pengujian hipotesis, digunakanone sample t-test. Temuan dari studi ini memperlihatkan bahwa ada reaksi dari investor padapengumuman dividen, baik saat dividen dinaikkan maupun diturunkan, tetapi tidak ada perbedaan yangmencolok dalam reaksi investor antara kedua kondisi tersebut.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025