Kegiatan Penelitian ini dilakukan di Desa Temajuk, Kecamatan paloh, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Dari data Kunjungan wisatawan kedesa Temajuk, memperlihatkan angka yang masih berfluktuasi tetapi cenderung ada peningkatan setiap tahunnya. Namun data tersebut tidak diikuti dengan meningkatnya kunjungan wisatawan asing kedesa Temajuk tersebut. Seharus nya dengan posisi strategis Desa Temajuk yang berada di pesisir dan berbatasan langsung dengan Malaysia menjadi potensi dan daya tarik tersendiri, menjadikan potensi luar biasa dalam hal Penerimaan Asli Daerah (PAD) juga peningkatan kemampuan taraf hidup dan perekonomian masyarakat Desa Temajuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Variabel Electronic Word of mouth, Strategi Promosi Promotion Mix terhadap pengembangan pariwisata didesa Temajuk, apakah yang telah dilakukan memiliki efek pengaruh yang cukup signifikan atau mugkin memiliki faktor penghambat dalam peningkatan serta perkembangan wisata Bahari tersebut. Selain itu untuk melihat bagaimana peran kelompok penggiat pariwisata seperti Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dalam berkembangnya Periwisata didesa Temajuk. Dari hasil penelitian didapat variabel Electronic Word of Mouth dan Kelompok Sadar Wisata secara parsial dan positif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Tingkat Kunjungan Wisata di Desa Temajuk sedangkan variabel Strategi Promosi secara parsial dan negatif tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Tingkat Kunjungan Wisata di Desa Temajuk. Ketiga variabel penelitian yang digunakan secara simultan dan bersama-sama memberikan pengaruh terhadap Tingkat Kunjungan Wisata di Desa Temajuk.
Copyrights © 2024