Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
Vol 6 No 01 (2024): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2024 - November 2024

KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI SATUAN PANJANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMR

Uba Ekeng , Maria Fatima (Unknown)
Marta Towe , Mariana (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran pada materi pengukuran satuan panjang dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR), dan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi satuan panjang dengan menggunakan pendekatan PMR metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripsi kualitatif. Subjek penelitin adalah siswa kelas III SDI Badu sebanyak 7 orang. Penelitian dilaksanakan pada 20 april tahun 2024. Penggunaan lembar kerja, dokumentasi, dan pelaksanaan pembelajaran digunakan sebagai metode pengumpulan data, teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan vertifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran pada materi satuan panjang dengan menggunakan pendekatan PMR efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa dan; 2) kemampuan pemahaman konsep siswa kelas III setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan PMR yaitu untuk masalah 1, semua siswa dapat mencapai indikator 1-5 kemampuan pemahaman konsep, untuk masalah 2, siswa dari 7 dapat mencapai indikator 4-5, kemampuan pemahaman konsep, dan 3 siswa mencapai indikator 1-4 kemampuan pemahaman konsep.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ASIMTOT

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika ...