Pendidikan Keperawatan Berkelanjutan (PKB) merupakan proses yang harus dilalui dan terus dijalankan oleh perawat sebagai bentuk dan upaya mempertahankan profesionalismenya. PKB dapat dilakukan dengan Diskuisi Refleksi Kasus (DRK). Tujuan penelitian ini yakni mengetahui pengaruh model Gibbs Reflection Cycle pada DRK perawat dalam meningkatkan profesionalisme kerja. Metode penelitian yang digunakan yakni quasi eksperimen dengan one group pretest dan post test. Sampel dalam penelitian ini yakni 72 orang dengan kriteria inklusi adalah perawat yang melaksanakan DRK. Penelitian ini dilakukan pada juli-agustus 2024. data disajikan dan diolah dengan software SPSS V.26. Hasil penelitian yakni varaibel pengetahuan berdasarkan uji wilcoxon p- value 0,000<0,05 dan variabel otonomi dan tanggung jawab p-value 0,000<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan sikap otonomi dan tanggung jawab pada saat pre-test dan post-test. Kesimpulan penelitian ini yakni DRK yang dilakukan dengan Model Gibbs Reflection Cycle dapat meningkatkan profesionalisme perawat khususnya pengetahuan, otonomoi dan tanggung jawab.
Copyrights © 2025