Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 12, No 2 (2023)

Pendekatan Biofilik untuk Mengatasi Burnout pada Lingkungan Sekolah

Wicaksono, Ariya Yosea (Departemen Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Dinapradipta, Asri (Departemen Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Dalam proses belajar, lingkungan sekolah merupakan salah satu lingkungan yang akan berdampak besar dalam membentuk pola pikir, berperilaku, dan kecerdasan manusia untuk kedepannya. Namun tidak jarang dengan kurikulum yang ketat, fasilitas sekolah tidak menunjang kesehatan fisik dan kesehatan mental para siswa yang ada di dalam sekolah saat proses belajar berlangsung selama jangka panjang, yang mana dapat berakibat siswa mengalami stress dan dapat menyebabkan stress tingkat lanjut yang dikenal burnout syndrome. Dengan kebutuhan kualitas hidup manusia yang meningkat, Perlunya strategi bagi kualitas lingkungan supaya dapat membantu siswa untuk membantu mengkoping stress tersebut, sehingga membawa kepada strategi pendekatan desain secara biofilik. Biofilik dapat menjembatani antara kebutuhan kualitas ruang dengan wellbeing manusia dengan afinitas dengan alam. Pendekatan ini menjadi solusi dalam memelihara kesejahteraan penggunanya dalam lingkungan belajar.

Copyrights © 2023