Makalah ini mengajukan konsep pengembangan Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai pusat aktivitas sivitas akademika. Perpustakaan perguruan tinggi tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan akses informasi, tetapi juga berperan sebagai pusat kolaborasi, inovasi, dan pengembangan akademik. Untuk mewujudkan perpustakaan sebagai pusat aktivitas, dibahas lima aspek utama, yaitu tata kelola ruang/rancang bangun gedung, tata kelola koleksi, tata kelola fasilitas dan lingkungan, tata kelola sumber daya manusia, serta tata kelola sistem. Transformasi ini mencakup integrasi teknologi informasi, digitalisasi koleksi, penambahan fasilitas modern, pengembangan kemampuan multi-tasking pustakawan, dan penerapan sistem informasi yang integratif. Konsep ini bertujuan menciptakan lingkungan perpustakaan yang mendukung pembelajaran, penelitian, dan pengembangan akademik secara optimal, serta berperan sebagai katalisator dalam menciptakan ekosistem akademik yang inovatif dan inklusif, sejalan dengan visi UII menjadi universitas riset pada tahun 2035.
Copyrights © 2024