Center of Economic Students Journal (CSEJ)
Vol. 7 No. 4 (2024): October-December (2024)

Sisi Gelap Implementasi Pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22 atas Hasil Pertanian di Pengepul dan Petani untuk Industri/Eksportir

Gaisi, Dinda Resky Jannatul (Unknown)
Laekkeng, Mursalim (Unknown)
Junaid, Asriani (Unknown)
Tenriwaru (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Kewajiban pajak yang harus dipahami oleh banyak pelaku usaha di sektor pertanian belum dipahami dengan baik, atau mereka memilih untuk menghindarinya. Hal ini disebabkan oleh rendahnya literasi pajak di kalangan petani. Penelitian ini bertujuan untuk menilai sisi gelap dari implementasi pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22 atas hasil pertanian yang diterapkan pada pengepul dan petani yang bekerja dengan industri/eksportir. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang menggambarkan implementasi pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22 atas hasil pertanian. Informan dalam penelitian ini terdiri dari pelaku industri, petani pengepul, dan eksportir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahpahaman masih ditemukan di kalangan petani akibat minimnya pengetahuan tentang pajak, khususnya mengenai Pajak Penghasilan Pasal 22. Akibatnya, ketidakadilan dalam distribusi beban pajak dirasakan oleh eksportir dan pelaku industri, yang merasa bahwa beban pajak hanya dibebankan kepada mereka. Padahal, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan No. 64/PMK.03/2022 tentang Tarif PPh 22 atas Hasil Pertanian, beban pajak atas hasil pertanian juga seharusnya ditanggung oleh petani, yaitu sebesar 1,5% bagi yang memiliki NPWP dan 2% bagi yang tidak memiliki NPWP.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

CSEJ

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

CESJ : Center Of Economic Students Journal is an economics journal/article published and updated on a regular basis by students from the Faculty of Economics at UMI that aims to serve as a place to accommodate ideas, scientific studies, and studies, as well as a conduit of information for academic ...