Penurunan jumlah kunjungan disebabkan oleh faktor-faktor mutu pelayanan keperawatan yang belum terpenuhi dan tingkat kepercayaan pasien yang rendah terhadap suatu pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepercayaan pasien BPJS rawat jalan. Penelitian ini termasuk dalam dalam jenis analitik kuantitatif menggunakan cross sectional study. Pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan data primer disertai kuisioner, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 293 subjek. Analisis data menggunakan uji statistik chi-square dan hasil uji chi-square mempunyai p-value=0,000<0,05 yang menjelaskan ada hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepercayaan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 293 subjek yang menilai mutu pelayanan keperawatan sebagian besar mengatakan cukup baik sebesar 45,1% dan yang menilai kepercayaan pasien sebagian besar mengatakan cukup baik sebesar 63,8%. Terdapat hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepercayaan pasien BPJS rawat jalan Rumah Sakit Tulangan Kabupaten Sidoarjo Tahun 2024. Diharapkan bagi rumah sakit perlu mengembangkan beberapa indikator mutu untuk peningkatan kinerja pelayanan rumah sakit agar terpenuhinya kepercayaan pasien yang lebih baik.
Copyrights © 2024