Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru kelas dalam pembentukan karakter siswa di SDN Pondok Ranji Tangerang Selatan. Di era digital ini, media sosial tak luput dari pengaruhnya terhadap siswa SDN Pondok Ranji 03. Instagram, Youtube, dan Tiktok menjadi platform favorit mereka, membuka jendela dunia dengan segala ragam kontennya. Namun, tak semua konten ramah anak. Tak jarang, konten yang tak seharusnya muncul di beranda, memicu rasa ingin tahu dan mendorong mereka menjelajah lebih dalam. Hal ini, di satu sisi, dapat mempercepat proses pendewasaan mereka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Adapun teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Dalam penelitian ini diperolah hasil bahwa strategi yang dilakukan guru dalam pembentukan karakter siswa adalah menjadi teladan dengan memberikan contoh perilaku yang baik, memberikan teguran, kegiatan rutindan pemberian point ketika berkata kotor. Faktor penghambat meliputi: faktor keluarga, watak anak dan kemajuan teknologi sedangkan Faktor pendukung meliputi peran orang tua dan peran guru
Copyrights © 2025