Akun Instagram @brin_Indonesia merupakan salah satu lembaga penelitian yang berfokus pada riset dan inovasi di Indonesia dengan jumlah pengikut lebih dari 700.000 followers. Followers tentunya memiliki preferensi yang berbeda terkait jenis konten yang mereka sukai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah dan jenis postingan, preferensi followers pada setiap postingan, serta sentimen followers pada postingan akun Instagram @brin_Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode statistik deskriptif. Penelitian pada 16 Maret 2024 mengumpulkan data dari akun Instagram @Brin_Indonesia untuk periode Januari-Desember 2023, menemukan total 259 postingan. Frekuensi unggahan bervariasi setiap bulan, dengan puncak tertinggi pada bulan September 43 postingan yang menandakan peningkatan aktivitas terkait berbagai kegiatan, pencapaian, atau pengumuman penting. Sebaliknya, bulan Juli memiliki jumlah postingan terendah 8 unggahan. Ditemukan bahwa jenis postingan functional brand post menjadi postingan dengan tingkat frekuensi tertinggi, dilanjutkan dengan educational brand post, current brand post, lalu emotional brand post dengan frekuensi terendah. Preferensi followers berdasarkan perhitungan engagement rate ditemukan bahwa postingan dengan kategori functional brand post bernilai sebesar 6,3%, educational brand post bernilai sebesar 3,4%, emotional brand post bernilai sebesar 3%, preferensi terendah pada postingan current event brand post bernilai sebesar 1,70%. Analisis data mention dan sentimen terhadap akun Instagram @brin_Indonesia selama tahun 2023 menunjukkan bahwa BRIN disebut sebanyak 65 kali di platform Awario, dengan puncak penyebutan pada bulan September. Sentimen followers didominasi oleh sentimen netral sebanyak 81,5%, menunjukkan bahwa BRIN dianggap profesional dan informatif. Sentimen positif mencapai 13,8%, menunjukkan adanya apresiasi publik terhadap beberapa inisiatif BRIN. Sementara itu, 4,6% penyebutan memiliki sentimen negatif.
Copyrights © 2024