Sawala : Jurnal Administrasi Negara
Vol. 12 No. 2 (2024): Sawala : Jurnal Administrasi Negara

Strategi Ddalam Pelayanan Informasi Publik Pada DISKOMINFO Kota Cilegon

Titi Stiawati (Unknown)
Mega Okta Noerisma (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi yang tepat diterapkan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Cilegon dalam Pelayanan Informasi Publik. Teori yang dijadikan referensi dalam penelitian ini adalah teori strategi manajemen yang dikemukakan oleh Wheelen dan Hunger (2012:15) yang terdiri dari 4 indikator yaitu observasi lingkungan, formulasi strategi, implementasi strategi, evaluasi dan pengendalian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis data melalui hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi dalam Pelayanan Informasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Cilegon sudah mengalami peningkatan yang cukup baik dibandingkan sebelumnya terutama dari segi evaluasi yang dilakukan. Namun masih terdapat hambatan seperti kurangnya sumber daya manusia dalam mengelola pelayanan informasi publik, kurangnya kemampuan SDM dalam menguasai materi informasi yang dibutuhkan masyarakat, dan rendahnya partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan kebebasan dalam memperoleh informasi. Selain itu menyediakan informasi publik melalui media elektronik khususnya website dinilai belum lengkap dan tidak selalu ter-update dengan baik. Kurangnya koordinasi dengan instansi pemerintah daerah juga menjadi kendala dalam pengelolaan informasi secara komprehensif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Sawala

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal Sawala is published two times a year in April and Oktober. This journal contains scientific articles on Public Administration science written in two languages: Bahasa Indonesia and English. The article is published in form of empirical research, conceptual or theoretical framework or issues ...