E-commerce merupakan salah satu inovasi pemanfaatan internet yang dapat membantu dalam proses jual beli suatu bisnis. Pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia yang serba digital saat ini, harus didukung pula oleh ketersediaan informasi yang akurat dan sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Sebelum melakukan pembelian, biasanya konsumen akan mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait produk atau jasa yang akan dibeli sehingga adanya product knowlegde dalam sebuah aplikasi khususnya e-commerce adalah hal yang sangat penting. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah e-commerce yang menekankan pada ketersediaan secara lengkap product knowledge yang dibutuhkan konsumen. Adapun metode yang digunakan untuk merancang e-commerce ini menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) model Waterfall. Proses SDLC model air terjun ini dipilih karena memiliki proses berurutan dan membuat pengerjaan terjadwal dengan baik. Website diuji menggunakan User Acceptance Testing (UAT) yang dilakukan dengan pemilik dan sales selaku pengelola Toko Bismillah Distributor, serta data pendukung seperti wawancara dan kuesioner kepada konsumen yang masing-masing membutuhkan 7 orang dan 30 sampel. Hasil implementasi variabel product knowledge yang terdapat pada fitur-fitur di dalam e-commerce Toko Bismillah Distributor antara lain variabel mutu produk pada halaman profil berupa deskripsi keunggulan produk, variabel kandungan produk pada detail produk (ukuran, warna, dan bahan produk) dan variabel penyampaian informasi pada halaman kontak, halaman cara belanja, halaman profil, ulasan dan rating. Pengujian UAT menunjukkan website e-commerce dapat digunakan dengan baik.
Copyrights © 2024