EMPATI
Vol 2, No 2/ Oktober (2015): EMPATI

Pengaruh Layanan Penguasaan Konten dengan Media Mind Mapping Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas X SMA Islam Sudirman Ambarawa

Oktaviani, Yossalin Spora (Unknown)
-, Suhendri (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2015

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pengaruh layanan penguasaan konten dengan media mind mapping terhadap kreativitas belajar siswa kelas X SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian berjumlah 326 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dengan jumlah sampel adalah 32 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrument penelitian berpikir kreatif. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test and post-test. Dari hasil analisis uji t-test diketahui thitung sebesar 8,07 sementara ttabel dengan db N-1= 32-1 dan taraf signifikansi 5% (0,05) sebesar 0,349. Karena thitung>ttabel yakni 8,07>0,349 maka hipotesis tersebut dinyatakan diterima, sehingga dapat dismpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan menggunakan media mind mapping terbukti berpengaruh terhadap kreativitas belajar siwa kelas X SMA Islam Sudirman Ambarawa Tahun Ajaran 2014/2015. Kata Kunci: Layanan penguasaan konten, mind mapping, kreativitas belajar

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

EMPATI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

EMPATI - Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan jurnal ilmiah hasil penelitian di bidang Bimbingan dan Konseling, yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP Universitas PGRI Semarang. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, dibulan April dan Oktober, untuk memasukkan ...