Penelitian ini menganalisis sentimen publik dan jaringan aktor terkait komersialisasi tragedi dalam trailer Film “Vina: Sebelum Tujuh Hari” yang diunggah di YouTube. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini memanfaatkan analisis teks komentar dan analisis sentimen untuk memahami reaksi masyarakat terhadap film tersebut. Analisis Jaringan Sosial (SNA) diterapkan untuk mengidentifikasi aktor kunci serta mengukur degree centrality, betweenness centrality, dan closeness centrality menggunakan aplikasi Netlytic.org dan labs.polsys.net, serta visualisasi melalui Gephi. Hasil penelitian menunjukkan adanya 1.509 aktor dengan pada akun YouTube @alexisyoung656 sebagai node sentral yang memiliki degree 95. Selain itu, analisis sentimen mengindikasikan bahwa sentimen positif mendominasi komentar yang diberikan oleh penonton. Penelitian ini menekankan pentingnya menggabungkan SNA dan analisis sentimen untuk memperoleh wawasan yang komprehensif mengenai respons publik dan dinamika jaringan di platform media sosial. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi industri perfilman dalam menyampaikan pesan dalam merancang strategi pemasaran yang lebih sensitif terhadap isu-isu sosial dan etis, serta meningkatkan hubungan dengan audiens.
Copyrights © 2024