Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 1, No 2/september (2010): JP2F

PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA TEKNOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DI KELAS XI-AV SEMESTER GENAP SMK FUTUHIYYAH MRANGGEN DEMAK

Junaedi, Ahmad (Unknown)
Huda, Choirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2012

Abstract

Keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran Fisika teknologicukup rendah, padahal Fisika Teknologi merupakan salah satu matapelajaran yang dijadikan Ujian Sekolah di tingkat SekolahKejuruan. Untuk mensiasati hal tersebut, dikembangkan modelpembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization yangdimaksudkan untuk meningkatkan minat belajar siswa sehinggadapat mendongkrak prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian iniuntuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisikateknologi menggunakan model kooperatif Team AssistedIndividualization pada siswa kelas XI-AV SMK FutuhiyyahMranggen Demak semester genap 2007/2008. Metode Pengumpulandata yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitiantindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjekpenelitian terdiri dari 40 siswa kelas XI-AV SMK FutuhiyyahMranggen pada semester genap tahun 2007/2008. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe TAI dapatmeningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat denganadanya peningkatan rata-rata Fisika teknologi dalam ranah kognitifsiswa. Hasil belajar siswa berturut-turut mengalami peningkatandari siklus 1 sampai siklus 2.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...