Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan, dan pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Mojosongo. Metode kuantitatif digunakan dengan data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 87 siswa kelas X yang dipilih secara acak. Analisis regresi linier berganda dilakukan menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dana BOS (thitung = 6,217, p < 0,05) dan dana BOP (thitung = 4,302, p < 0,05) secara signifikan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Selain itu, pendapatan orang tua juga memiliki pengaruh signifikan (thitung = 5,926, p < 0,05). Koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa 31,7% variasi prestasi belajar dapat dijelaskan oleh ketiga variabel ini, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Kesimpulannya, program BOS dan BOP, bersama dengan pendapatan orang tua, berperan penting dalam meningkatkan prestasi siswa. Implikasi praktis penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pengelolaan dana BOS dan BOP yang tepat serta perhatian terhadap kondisi ekonomi keluarga dalam upaya memperbaiki hasil pendidikan.
Copyrights © 2024