Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terbukti memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia. UMKM memiliki peranan penting dalam pembangunan nasional, yaitu penyerapan tenaga kerja, pemerataan pendapatan, pembangunan ekonomi pedesaan, peningkatan ekspor nonmigas, serta peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB . Roti Cantik merupakan UMKM yang memproduksi Roti,yang berada di desa Bumi Harjo, Batanghari Lampung Timur. Sejak terjadinya pandemic covid 19 tahun 2019, penjualan pada Roti Cantik menurun, diawal tahun 2022 sudah mulai ada peningkatan namun masih belum maksimal. Hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti menganalisis strategi yang tepat untuk UKM Roti Cantik dengan tiga alat analisi yaitu dnegan analisis SWOT, Matriks QSP dana Analitical Hierarchi Process (AHP). Dari kombinasi analisis yang telah dilakukan disimpulkan bahwa strategi utama yang tepat bagi UKM Roti Catik untuk mengembangkan usaha adalah dengan strategi Market Development Strategi (MDS). Dengan strategi MDS dimaksudkan bahwa aktor penentu dalam kebijakan dalam pengembangan usaha yaitu pemilik usahanya sendiri dan dengan perioritas utama yaitu dengan cara pengembangan atau membuka pasar baru selain pasar utama dalam pemasaran produk Roti dan membuka saluran distribusi baru bagi pemasaran produk Roti Cantik.Kata Kunci : Strategi Promosi, QSPM, SWOT, AHP
Copyrights © 2024