Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi banyak digunakan dalam dunia bisnis dan organisasi untuk mencapai efisiensi waktu dan biaya, sehingga setiap pengusaha dan organisasi harus memahami perlunya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan kerjanya. Oleh karena itu, penting untuk beradaptasi dengan tren teknologi saat ini. Salah satu instansi pemerintah yang sudah mengadopsi tata kelola digital atau e-Government adalah BPJS Kesehatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan program mobile JKN di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin Kota Makassar, dengan cara turun langsung ke lapangan untuk mendapatkan informasi dan melakukan observasi. Dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa penggunaan mobile JKN di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin sudah terbilang efektif dikarenakan sekitar 90% pasien sudah menggunakan aplikasi ini untuk mendaftar secara online. Yang dimana adanya aplikasi mobile JKN ini bisa menghemat dan meringkas waktu tunggu pasien sehingga tidak terjadi tumpukkan di loket pendaftaran. Diharapkan pihak dari BPJS agar meningkatkan kapasitas jaringan dari aplikasi mobile JKN ini agar tidak terjadi gangguan jaringan pada saat pasien menggunakan aplikasi mobile JKN ini.
Copyrights © 2024