Komunikasi partisipatif dalam keberlanjutan ekowisata hutan mangrove tidak pernah terlepas dari peranan petani mangrove untuk melakukan pemberdayaan dalam pendidikan. Pekerjaan sebagai petani yang tergolong sebagai blue collar worker tidak menjadi batasan untuk dapat menjadi bagian sebagai agen eco-pedagogy yang bersifat pendidikan informal. Berdasarkan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif melalui kacamata Communication for Social Change Theory milik Sonia Figueroa dapat melihat bagaimana peranan petani mangrove dalam mengimplentasikan komunikasi partisipatif dimasyarakat melalui pemberdayaan Pendidikan ekologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi dan wawancara kepada petani mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) Penjaringan Jakarta Utara sebagai informan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya komunikasi partisipatif yang dilakukan petani mulai dari dialog, implementasi tindakan koletif hingga pengaruh dampak sosial yang dihasilkan sebagai bagian dari pemberdayaan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024