Kemajuan teknologi memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia pendidikan, termasuk pembelajaran bahasa asing seperti bahasa Arab. Namun, belajar bahasa Arab seringkali sulit, terutama jika harus menjaga minat dan motivasi anak.Penelitian ini berdasarkan studi kasus pada anak kelas IV Madrasah Diniyah Al-Barokah yang sering merasa bosan belajar bahasa Arab. Kebosanan tersebut dapat disebabkan oleh permasalahan kebahasaan seperti sistem bunyi, morfologi dan semantik, serta permasalahan non-linguistik seperti permasalahan sosio-kultural dan sejarah.Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan kosakata bahasa Arab untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar anak khususnya menghafal kosakata bahasa Arab.Game ini dibuat menggunakan software Construct2 karena memiliki tools yang mudah digunakan dan tidak memerlukan coding. Penelitian ini menggunakan metode prototyping, dimana perancang membuat versi awal game untuk mengidentifikasi masalah dan kemungkinan solusinya. Penelitian ini menghasilkan permainan edukasi kosakata Bahasa arab, pada Aplikasi tersebut terdapat menu belajar untuk mempelajari kosakata Bahasa arab dan menu permainan untuk melakukan latihan dari Pembelajaran pada menu belajar. Pengujian blackbox yang dilakukan pada sistem mendapatkan hasil yang sesuai harapan dan berdasarkan hasil yang diperoleh dari test UAT terhadap 14 siswa dan 1 guru memperoleh hasil rata-rata 90 yang terbilang sangat baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang permainan yang efektif dan menarik bagi anak-anak madrasah untuk meningkatkan minat belajar bahasa Arab khususnya kosakata.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024