Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 8 No 2 (2024): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

The Paradigm of Human Nature in the Perspective of the Qur'an

Ma'arif, Arsyad Khoirul (Unknown)
Arifi, Ahmad (Unknown)
Imron, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Manusia dipandang sebagai makhluk mulia dengan potensi luar biasa sejak lahir. Karena itu, Al-Qur'an menyebut tiga istilah, yakni: Al-Insan, An-Nas, dan Basyar untuk menggambarkan kemanusiaan. Mengingat manusia dianugerahi fitrah, akal, dan hati landasan kehidupan yang bermakna bagi setiap Muslim mereka tidak punya pilihan selain mengemban peran sebagai utusan atau khalifah di planet ini dengan segala tanggung jawab yang menyertainya. Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan pemahaman tentang hakikat dan tujuan hidup manusia menurut ajaran Al-Qur'an. Kemudian metode pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengumpulkan data dari dokumen-dokumen yang relevan sesuai dengan judul ini. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Dalam Al-Quran, terdapat tiga aspek esensi manusia: Al-Insan yang menegaskan peran manusia sebagai khalifah atau pembawa amanah; Al-Nas yang mengindikasikan sifat sosial manusia; dan Basyar yang menggambarkan manusia sebagai entitas biologis. Di dalam Al-Qur'an bahwa manusia diciptakan dengan tujuan sebagai "abd" (hamba untuk menyembah), dan bahwa tugasnya adalah sebagai khalifah (pemimpin, pengatur, atau pemelihara). Allah telah memberi manusia berbagai kemampuan untuk melakukan tugas dan tujuan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...