Pendidikan Agama Islam tidak hanya sebagai sarana untuk mengajarkan ajaran Islam, tetapi juga sebagai media untuk membentuk karakter moral dan sosial siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi peran pendidikan agama Islam multikultural dalam membentuk karakter siswa, serta strategi penerapannya pada siswa SMA Takhasus Al-Qur'an. Penelitian ini termasuk dalam kelompok kualitatif dengan pendekatan sosiologis, dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam Multikultural di SMA Takhasus Al-Qur'an Sintang berperan penting dalam membentuk karakter siswa dengan menanamkan nilai-nilai toleransi, saling menghormati, dan menghargai keberagaman budaya. Melalui pendekatan yang menekankan pemahaman agama yang inklusif, siswa didorong untuk melihat perbedaan sebagai bagian dari kekayaan yang perlu dilestarikan, bukan sebagai perpecahan. Selanjutnya, strategi guru dalam menyampaikan nilai-nilai Islam multikultural di SMA Takhasus Al-Qur'an Sintang berfokus pada pengintegrasian ajaran Islam dengan menghargai keberagaman budaya melalui pendidikan agama Islam multikultural
Copyrights © 2024