Tiktok Tokopedia Seller Center merupakan aplikasi yang diperuntukan untuk para pelaku usaha atau para penjual mengenai pengelolaan dan meningkatkan penjualan mereka pada platform Tiktok (Tiktok shop). Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan analisis sentimen negatif dan positif dari pengguna mengenai fitur dan kinerja dari aplikasi Tiktok Tokopedia Seller Center dengan menggunakan 3 algoritma Machine Learning, diantaranya SVM, CNN, Naive Bayes. Dikarenakan algoritma ketiga tersebut dinilai efektif dalam menangani kasus analisis sentimen. Data untuk penelitian ini diperoleh dari ulasan aplikasi Tiktok Tokopedia Seller Celler center yag terdapat di Google Play Store. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SVM memiliki kinerja dan kinerja yang lebih unggul dibandingkan CNN, dan Naive Bayes, karena SVM memperoleh akurasi akhir sebesar 0.90 , disusul CNN dengan akurasi sebesar 0.88 dan Naive Bayes dengan akurasi sebesar 0.84 . Dari penelitian ini dapat memberikan gambaran atau wawasan bagi pengembang aplikasi Tiktok Tokopedia Seller Center dalam melakukan perbaikan dan meningkatkan kualitas pelayanan .
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025