Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah mengubah cara informasi disampaikan dan mempermudah akses informasi bagi masyarakat. Salah satu implementasi smart city adalah layanan publik berbasis TIK, yang bertujuan mengatasi berbagai masalah masyarakat. Dengan informasi TIK terintegrasi, pelayanan publik menjadi lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran. salah satunya pelayanan publik adalah aplikasi Jogja Smart Service yang bisa didownload di google play store.  Saat ini aplikasi Jogja Smart Service telah didownload sebanyak 100 ribu kali dengan rating 4.7.  Pada Google play store bisa dilihat di kolom komentar mengenai ulasan yang telah tulis oleh pengguna aplikasi Jogja Smart Service ini. SVM adalah metode yang memberikan hasil yang baik dalam klasifikasi, karena kemampuannya menemukan hyperplane terbaik untuk memisahkan kelas yang berbeda. Dalam penelitian ini, analisis sentimen terhadap ulasan aplikasi Jogja Smart Service dilakukan menggunakan metode SVM dengan variasi kernel: linear, polynomial, RBF, dan Sigmoid. Hasil pengujian menunjukkan bahwa SVM mampu melakukan analisis sentimen ulasan pengguna aplikasi Jogja Smart Service dengan baik, terutama menggunakan RBF kernel yang mencapai akurasi 90%, lebih tinggi dibandingkan dengan linear, polynomial, dan Sigmoid kernel.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025