Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan komponen penting dalamperekonomian Indonesia, yang memberikan kontribusi signifikan terhadap lapangan kerja. UMKMyang memanfaatkan media visual seperti banner promosi dan daftar menu yang menarik akanmeningkatkan kepercayaan pelanggan. Namun banyak UMKM yang masih mengandalkan carapromosi tradisional yang kurang efektif dalam membangun kepercayaan pelanggan. Inisiatifpengabdian masyarakat ini mengatasi kesenjangan tersebut dengan melakukan pendampingankepada pemilik UMKM dan mengembangkan media visual seperti banner promosi dan daftar menumenarik secara visual yang terintegrasi dengan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).Upaya-upaya ini bertujuan untuk memodernisasi strategi promosi, meningkatkan kepercayaanpelanggan, dan mendukung transformasi digital UMKM, yang pada akhirnya mendorongpertumbuhan dan keberlanjutannya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025