Industri kosmetik dan obat halal menghadapi tantangan besar dalam mengatasi permintaan konsumen yang semakin meningkat untuk produk yang aman, berkualitas tinggi dan sesuai dengan prinsip-prinsip halal di dunia yang semakin kompetitif dan dinamis. Selain tantangan, ada juga peluang yang sangat besar untuk industri kosmetik dan obat halal untuk berkembang. Industri kosmetik dan obat halal memiliki potensi besar untuk berkembang karena pertumbuhan ekonomi global dan peningkatan permintaan konsumen, terutama dari kalangan muslim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh industri halal kosmetik dan obat-obatan di Indonesia dalam menyongsong kebijakan wajib sertifikasi halal pada tahun 2026. Metode yang digunakan adalah analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan wawancara terstruktur dalam bentuk kuesioner dan kajian pustaka yang dilakukan untuk memperoleh informasi secara komprehensif tentang tantangan dan peluang yang berhubungan dengan objek studi. Dari analisis SWOT yang dilakukan ditemukan industri halal kosmetik dan obat-obatan di Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang. Dengan menerapkan strategi yang tepat, industri halal kosmetik dan obat-obatan di Indonesia dapat mencapai potensi sepenuhnya dan enjadi pemain utama di pasar global.Kata Kunci: industri kosmetik dan obat-obatan halal, analisis SWOT, wajib sertifikasi halal
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024