PT. Indo Sukses Pratama adalah perusahaan jual-beli bahan kimia dengan misi perusahaan yaitu meningkatkan kepuasan dan membina hubungan baik dengan pelanggan. Namun perusahaan kesulitan untuk mewujudkan hal itu dikarenakan dalam penanganan masalah dan keluhan belum memiliki sistem yang terintegrasi dimana hanya disampaikan melalui whatsapp dan proses pencatatan komplain hanya dicatat di buku sehingga data komplain sulit dicari juga mudah hilang. Selain itu perusahaan belum memiliki testimonial dari pelanggan terhadap produk dan pelayanan perusahaan. Hal tersebut membuat pelayanan kurang maksimal. Oleh karna itu penelitian bertujuan untuk membuat sistem E-CRM yang memiliki 2 tahapan yaitu, meningkatkan (enhance) perfoma dan nilai perusahaan serta mempertahankan (retain) pelanggan pada PT. Indo Sukses Pratama metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan sistem waterfall dengan bahasa pemrograman javascript, html, dan css dengan tools editor yang digunakan yaitu visual studio code dan menggunakan mysql sebagai databasenya. Kesimpulan hasil dari penelitian ini yaitu adanya E-CRM fitur form penanganan keluhan dan fitur live chat dapat memudahkan pelanggan untuk menyampaikan keluhan juga memudahkan perusahaan dalam mengelola data keluhan serta mempermudah pelanggan dalam mendapatkan informasi yang diperlukan dari perusahaan tersebut guna mempertahankan pelanggan. Fitur testimonial dapat meningkatkan nilai pelanggan dan performa perusahaan guna mencapai kepuasan pelanggan
Copyrights © 2024