Pi: Mathematics Education Journal
Vol. 7 No. 2 (2024): Oktober

Literasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model Pisa dengan Konten Change and Relationship

Faradilla, Anisa'a (Unknown)
Wijayanti, Pradnyo (Unknown)
Setianingsih, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematis siswa SMP dengan skor tes tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal matematika model PISA dengan konten change and relationship. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas IX SMP Negeri 33 Gresik. Subjek penelitian ini sebanyak tiga siswa yang terdiri atas satu siswa dengan tingkat skor tes tinggi, satu siswa dengan tingkat skor tes sedang, dan satu siswa dengan tingkat skor rendah. Instrumen yang digunakan meliputi tes soal matematika model PISA dengan dengan konten change and relationship, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis data hasil tes soal matematika model PISA dengan konten change and relationship, dan analisis data wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi matematis. Siswa dengan skor tes tinggi mampu mengidentifikasi informasi, mengubah masalah ke dalam model matematika, menggunakan strategi yang tepat, menafsirkan hasil ke dalam masalah kontekstual, dan mengevaluasi hasil dengan pengecekan langkah-langkah baik dalam konteks pribadi maupun sosial. Siswa dengan skor tes sedang dapat mengidentifikasi informasi, mengubah masalah ke dalam model matematika, menggunakan strategi yang tepat, menafsirkan hasil ke dalam konteks masalah, dan mengevaluasi hasil dengan pengecekan langkah-langkah baik pda soal dengan konteks pribadi, sedangkan pada konteks sosial siswa dengan skor tes sedang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang diberikan serta siswa tidak dapat menafsirkan dan mengevaluasi hasil. Siswa dengan skor tes rendah mampu mengidentifikasi informasi dan mengubah masalah ke dalam model matematika, namun mengalami kesulitan dalam menggunakan strategi yang tepat, menafsirkan hasil, dan mengevaluasi langkah-langkah, sehingga siswa tidak dapat menyelesaikan soal secara lengkap baik pada konteks pribadi maupun sosial. Hasil penelitian ini memberikan informasi yang berkaitan dengan deskripsi literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika model PISA dengan konten change and relationship. Sehingga, guru dapat merancang strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang sesuai dengan standar PISA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pmej

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Pi: Mathematics Education Journal is issued as an academic journal and devoted to the publication of research papers in the field of mathematics education. Mathematics education should be interpreted to mean the whole field of human ideas and activities that could affect the teaching and learning of ...